Mengapa harus mempelajari lautan?

Dalam salah satu bab pada mata pelajaran geografi, terdapat bab tentang hidrosfer. Keberadaan materi tersebut Β sangat penting untuk merangsang pengetahuan peserta didik tentang lautan dan perairan pada umumnya. Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah, kenapa kita harus mempelajari lautan?

Di dalam buku An Introduction to Physical Geography and the Environment edisi kedua, Michael D. Kroom dari Earth and Biosphere Institute, School of Earth and Environment, University of Leeds mengatakan bahwa lautan mendominasi di permukaan bumi. Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama bahwa sekitar 71% permukaan bumi diselimuti oleh air dan lautan mendominasi sebesar 96,5% air di bumi (usgs, 2016). Lautan yang sangat luas juga mendukung kehidupan fitoplankton, yaitu organisme yang memproduksi oksigen dan berhabitat di permukaan lautan.

Fungsi vital lautan lainnya yaitu menjadi faktor pengontrol iklim dan cuaca di permukaan bumi sebagai akibat dari interaksinya dengan atmosfer. Intensitas penyinaran matahari di atas lautan akan berdampak langsung terhadap proses iklim. Lautan juga menghasilkan energi dan memindahkannya ke seluruh bagian bumi dalam bentuk arus laut dan gelombang.

Satu hal yang penting dan tidak bisa kita abaikan adalah bahwa laut menjadi sumber makanan bagi manusia. Seiring dengan perkembangan zaman, perilaku manusia dalam mendapatkan ikan dirasa semakin mengancam jumlah ikan di lautan. Hal tersebut diperparah dengan pencemaran di lautan, baik itu pencemaran berupa sampah ataupun tumpahan minyak yang dapat membunuh ikan dalam jumlah besar.

ocns10_566946163_900x600-copy

Sampah di lautan dan Hasil laut di Tempat Pelelangan Ikan

Untuk mengatasi permasalahan sumber makanan di laut, para ilmuwan sedang berupaya mengembangkan sebuah teknologi yang dapat menumbuhkan jumlah organisme laut sehingga pada akhirnya dapat dipanen sebagaimana memanen pertanian di daratan. Hal tersebut perlu dilakukan karena bisa jadi lautan adalah sumber makanan terakhir bagi manusia. Pada waktu yang sama lautan juga menjadi tempat pembuangan oleh manusia karena saat ini begitu banyak sampah di lautan, sehingga menjadi sumber bencana bagi organisme laut dan lingkungannya.

Oleh sebab itulah kita perlu mempelajari lautan dan hal-hal yang berkaitan dengannya. Bisa jadi kerusakan di laut disebabkan oleh manusia sendiri yang tidak mampu menjaga keharmonisan dengan lingkungan.

Sumber:
– An Introduction to Physical Geography and the Environment, 2nd.
– The Water Cycle : Features Article (earthobservatory.nasa.gov/Features/Water/page2.php)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s