Menampilkan Label Ganda di ArcGIS

Halo blo…

Kali ini saya akan menulis tutorial ArcGIS yang berkaitan dengan pelabelan data spasial (shapefile). Menampilkan label sebenarnya sangat mudah, tapi bagi kita yang masih pemula tentu cukup membingungkan apabila diminta menampilkan label ganda. Oleh sebab itu mari kita bahas dengan singkat :mrgreen:

Apa itu label ganda? Label ganda yaitu dua label yang ditampilkan di dalam peta. Misalnya suatu peta harus diberi informasi nama desa dan nama kecamatan, maka disinilah label ganda digunakan. Bagi yang belum paham biasanya akan menumpuk 2 shapefile dan memberikan label yang berbeda pada shapefile yang sama, pernah seperti itu? Saya dulu pernah lho 😛

tut1_contoh

Nah terus caranya bagaimana? Gampang!!! Perhatikan tutorial di bawah ini ya blo…

Pertama-tama tampilkan data shapefile yang akan diberikan label ganda. Dalam contoh ini saya menggunakan shapefile administrasi Kabupaten Sukoharjo dan Klaten yang akan saya berikan label kecamatan dan kabupaten. Jika masih polos seperti gambar di bawah ini, tentu orang yang melihat peta akan bingung karena tidak ada keterangan sama-sekali 🙄
tut1_1

Kedua. Sorot pada shapefile yang akan diberikan label (terletak di Tabel of Content sebelah kiri) > klik kanan mouse > pilih properties. Maka selanjutnya muncul jendela “Layer Properties”. Layer ini berisi seluruh informasi tentang layer yang dipilih.
tut1_2

Ketiga. Pada Tab “Labels” di jendela “Layer Properties” cari dan klik saja menu “Expression” (4) maka kita akan dibawa ke jendela “Label Expression” (5) . Pada jendela ini berisi data atribut dari shapefile yang akan diberikan label.
tut1_3

Pada kolom nomor (6) ketikkan label yang akan ditampilkan. Eitsss, bukan diketik biasa ya!!! Caranya adalah dengan melakukan doubel klik pada data yang tersedia di kolom “Fields”. Karena saya akan menampilkan label Kecamatan dan Kabupaten, maka saya melakukan sebagai berikut:

  1. double klik pada field “KEC” (a).
  2. tuliskan kode “&vbNewLine&” (tanpa tanda kutip. Ini adalah script Visual Basic)
  3. double klik pada field “KAB” (b)

Jika sudah terisi dengan benar (seperti kolom nomor 6) maka selanjutnya klik “verify” (7) sehingga muncul jendela “Expression Verification”. Jika sudah sesuai dengan keinginan maka klik OK > OK > dan OK.

tut1_4

Hasilnya seperti ini. Label kecamatan terletak di atas dan label Kabupaten di bawahnya 😀
Nah demikian tutorial ArcGIS sederhana yang bisa saya posting. Semoga bermanfaat nggih 😀

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s