Membuat Blog Itu Mudah, Tapi…

Halo blo…. Membuat blog itu mudah, bahkan mudah sekali menurut saya. Kita hanya perlu melakukan registrasi menggunakan alamat email aktif, mengisi password, membuat username, dan langkah selanjutnya sudah ada petunjuknya. Petunjuk itu ditampilkan dengan cukup jelas, hingga blogger pemula pun tak perlu repot cari tutorial. Setelah itu blog didesain sedemikian rupa sesuai selera, tentunya berdasarkan theme yang telah disediakan secara gratis oleh pengembang blog. Jika ingin desain yang lebih bagus lagi dan lebih futuristik, maka bisa juga menggunakan theme berbayar, yang pastinya kita harus membayar terlebih dahulu untuk bisa memasang theme di blog. Kurang lebih seperti itulah gambaran mudahnya membuat blog.

Jika membuat blog itu dapat dibilang mudah, lalu apa yang susah? Menurut saya yang susah adalah menjaga eksistensi blog, menarik pembaca agar mampir ke β€œrumah” kita, serta memancing feed back dari mereka. Dalam hitungan menit, suatu blog dapat kita buat. Namun untuk mengisi blog tersebut, kita memerlukan waktu yang cukup banyak. Kenapa demikian? Karena jika kita ingin membuat konten blog yang bagus, tentunya kita harus memikirkan kualitas tulisan kita. Meskipun yang kita tulis di dalam blog adalah agenda keseharian kita, namun agar dapat memancing minat pembaca dan memberikan kesan yang menarik tentunya harus kita olah sebaik mungkin. Jika hanya menggunakan kalimat asal-asalan tentunya pembaca akan malas mengikuti konten blog kita selanjutnya.

Desain blog juga turut berpengaruh terhadap kenyamanan tamu kita. Seperti background blog jangan diberi warna hitam, karena mengganggu mata jika dipandang terlalu lama. Kemudian juga desain blog jangan terlalu ruwet dengan diberikan terlalu banyak widget. Blog yang berisi banyak widget, terlalu banyak dipasang iklan, dan plugin tambahan yang tidak perlu dapat membuat si tamu menjadi frustasi. Bayangkan saja ketika enak membaca isi blog, eh malah tiba-tiba muncul iklan yang memblokir layar monitor, betapa mengganggunya hal itu. Terlalu banyak hiasan dan widget juga dapat membuat load halaman blog menjadi terasa lama alias lemot. Tren desain blog saat ini adalah minimalis tapi tetap elegan sehingga nyaman dilihat. Jika Anda berpendapat bahwa semakin banyak hiasan semakin bagus, maka jalan-jalanlah ke blog lain yang tampilannya sederhana tapi terlihat smooth, Anda pasti akan tertarik untuk mencoba theme blog seperti itu πŸ˜€ . Blog yang sederhana tapi sangat responsif a.k.a loading cepat.
Lings-Cars

Eksistensi blog kita juga menjadi salah satu point penting yang wajib diperhatikan oleh para blogger. Terkadang ada blogger yang hanya hobi membuat blog baru, namun setelah itu ditinggalkan dalam waktu yang lama hingga lupa akunnya sendiri, dan saya pernah menjadi salah satu bagian darinya…hehe. Waktu update konten juga harus diperhatikan, jangan sampai jeda waktu upload satu konten dengan konten selanjutnya sangat jauh seperti orang LDR-an itu Blo. Layaknya blogger yang tergabung dalam komunitas β€œTravel Blogger Indonesia”, mereka diberikan ketentuan untuk mengupdate konten blognya paling tidak 1 kali dalam 1 bulan. Jadi dalam kurun waktu 1 bulan, para travel blogger seharusnya melakukan perjalanan/jalan-jalan untuk dapat menghasilkan artikel travel yang menarik dan informatif untuk pembacanya. Nah untuk itu, para blogger khususnya pemula hendaknya meluangkan waktu beberapa jam tiap pekan untuk mengupdate blognya, agar tidak basi. Agar tidak kebingungan mencari bahan menulis, sesuaikan saja blog dengan hobimu agar jarimu bisa menari di atas keyboard sesuai isi pikiranmu, hehe.

KeepCalmWrite

Source:http://veralynmedia.com/wp-content/uploads/2013/06/KeepCalmWrite.jpg

Nah demikian sedikit coretan dari saya tentang sulitnya menjaga eksistensi blog. Mari kita pertahankan eksistensi blog kita. Lalu bagaimana jika tidak punya ide untuk menulis? Segera ambil motor dan berkelilinglah di kotamu agar fikiran fresh dan inspirasi menulis dapat muncul kembali…hehe. Selamat menulis, blo. πŸ˜€

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s